Pages

Friday, February 7, 2014

PERBEDAAN OTAK



v PERBEDAAN OTAK
perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan terletak pada ukuran bagian-bagian otak, bagaimana bagian itu berhubungan serta cara kerjanya. Perbedaan mendasar antar keduanya adalah:
1. Perbedaan spasial
Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan.

2. Perbedaan verbal
Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak perempuan.

Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata!
Termasuk perempuan bisa memaksimalkan multi tasking-nya, menggendong si kecil, sembari memasak dan menyaksikan sinetron favorit di televisi. Sementara kaum pria, jangan heran kalau mereka tidak mendengarkan panggilan anda ketika tengah menyimak pertandingan bola dari klub favorit atau tengah menyaksikan film kesayangan di televisi.
3. Perbedaan bahan kimia
Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.

4. Memori lebih kecil
Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat segala detail.

pria dan wanita memang berbeda, termasuk dalam hal cara mereka berkomunikasi. Hal ini amat penting untuk dimengerti karena komunikasi bukanlah sekedar menyampaikan pesan (dalam hal ini khususnya dg lawan jenis), namun juga terkait bagaimana kita memahami lawan bicara dan pesan2 yang dia berikan. Mari kita lihat saja bedanya;
v MENGOBROL DI TEMPAT BERBEDA
Alasan Laki-laki dan Perempuan Ngobrol Juga Beda
Awalannya dari struktur otak pria dan wanita yang ternyata berbeda. Otak pria tersekat-sekat secara tegas yg pengaruhnya pada kemampuan dalam mengelola informasi di kepala. Di akhir hari, pria berkemampuan untuk memilah dan menyimpan informasi dengan rapi di kepalanya, sedemikian rupa sehingga emosinya tidak merasa gerah.
Tapi otak wanita berbeda. Ketika wanita sedang ada kegalauan terutama, semua masalah yg dipunya, atau bahkan semua informasi yg mbikin gatel yg dia terima di hari itu terus saja berputar-putar di kepala. Wanita cenderung melakukan rewind atas informasi yg ada di kepala mereka selama berkali-kali. Satu-satunya cara untuk menghentikan itu adalah dengan mengungkapkannya, dengan cerita atau curhat ke orang lain. Mereka harus ngobrol ama orang lain sekedar untuk menguraikan masalah dan membuat dirinya lega. Ngobrol membantu wanita dalam mengklasifikasikan dan menata informasi di kepala.

Laki-laki dan Perempuan Ngobrol di Tempat yg Berbeda

Kebanyakan lelaki lebih menyukai ngobrol di keramaian. Mereka ndak suka ngobrol di tempat2 sepi, apalagi klo sampai cuma berdua, apalagi klo sampe kemudian ketauan orang . Jikapun cowok bicara ttg hal2 yg sensitif, biasanya mereka pun masih ndak sungkan untuk bicarakan itu keras2 di depan umum.
Sementara itu, perempuan berbicara untuk menjalin kedekatan hubungan dengan cara mengungkapkan perasaan secara bebas. Apalagi apa yg mereka bicarakan kebanyakan adalah perihal2 sensitif -yg harusnya adl- rahasia, baik milik sendiri maupun orang lain. Sehingga perempuan lebih menyukai tempat yang menyediakan privasi; seperti di rumah (atau kamar tepatnya), kafe, toilet hotel atau tempat lain yg di sana mereka bisa bebas cerita penuh ekspresi. Lho, bukankah perempuan suka jalan2 di mal, hanging out rame2 bersama teman? Betul, tapi mereka tidak menggunakan tempat2 itu untuk berbagi perasaan secara mendalam.
SUDAH cukup jelas laki-laki dan perempuan berkomunikasi dalam cara yang berbeda. Perbedaan gender dalam berkomunikasi menjadi menarik untuk dieksplorasi.


v PERBEDAAN POLA PIKIR

Banyak teori yang mengatakan pria berpikir dengan mengandalkan logika dan wanita mengandalkan perasaan. Ini membuat cara dan pola pikir antara wanita dan pria berbeda. Mengapa demikian?

Menurut penelitian, pria dan wanita benar-benar berpikir dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan anatomi otak antara pria dan wanita.

Otak terdiri dari dua jenis jaringan utama, yaitu yang disebut dengan materi abu-abu (gray matter) dan materi putih (white matter).
Penelitian menunjukkan bahwa pria lebih banyak berpikir dengan memanfaatkan materi abu-abu otak, sedangkan wanita dengan materi putih.
Materi abu-abu merupakan komponen utama sistem saraf pusat, terdiri dari sel saraf tubuh, neuropil (dendrit serta akson un-myelin dan myelin), sel-sel glial (astroglia dan oligodendrocytes) dan kapiler.
Sedangkan materi putih sebagian besar terdiri dari akson myelin (zat lemak putih).
Jika diibaratkan dengan komponen komputer, materi abu-abu merupakan prosesor komputer (elemen utama), sedangkan materi putih adalah jaringan kabel yang menghubungkan elemen komputer. Artinya, materi abu-abu merupakan pusat informasi dan materi putih adalah jaringan pusat-pusat pengolahan.
“Temuan tersebut menunjukkan bahwa pada umumnya pria memiliki materi abu-abu 6,5 kali lebih besar dari wanita, sedangkan materi putih wanita 10 kali lebih besar dari pria.
“Hasil penelitian ini dapat menjelaskan mengapa pria dan wanita lebih unggul dalam bidang yang berbeda,”
Misalnya, pria cenderung lebih unggul pada bidang yang membutuhkan proses lokal seperti matematika. Sementara wanita lebih unggul pada bidang integerasi dan asimilasi (penyesuaian) informasi seperti kemampuan bahasa.
v NAVIGASI DAN KEWASPADAAN
Cara kita mencari arah di sekitar kita berbeda untuk setiap gender yg menunjukkan bahwa pria berkembang lebih cepat dalam kesadaran spasialnya. Pria lebih abstrak dan Euclidian (geometris) dalam membaca kilometer / mil dan arah-arah kardinal (utama), sementara wanita sering mendasarkan pemahamanan mereka pada bangunan dan arah kiri-kanan. Sel lobulus, yang mengontrol persepsi kecepatan dan kemampuan mental untuk memutar objek 3-D (bila harus mengenali suatu daerah dari arah yg berlawanan), juga terdapat lebih besar pada pria.

Ini semua kembali ke hari perburuan pada awal kehidupan manusia dimasa lalu, ketika pria memimpin perburuan untuk mendapatkan makanan dan dituntut untuk memiliki semua alat (kemampuan) ini untuk bisa sukses berburu. Pada tes video tiga-dimensi, anak laki-laki mengalahkan anak perempuan dalam kemampuan spasial dengan rasio 4: 1, dan anak perempuan dengan skor terbaik seringkali kalah oleh anak laki-laki dengan skor rerendah.

Otak laki-laki juga diprogram untuk berkonsentrasi dengan efisien pada satu hal yg terfokus, sementara otak perempuan diarahkan untuk bisa multitask (melakukan banyak hal secara bersamaan yang mana tidak akan bisa mendapat hasil efektif karena tidak terfokus). Alasan di balik ini dikarenakan oleh serat neuron yang menghubungkan belahan otak kiri dan kanan lebih banyak terdapat pada wanita. Namun beberapa studi telah menunjukkan hal sebaliknya yang mana sudah dibuktikan.
v KECERDASAN
Otak laki-laki didapati lebih besar daripada otak perempuan, memiliki sel-sel sekitar 4% lebih banyak dan 100 gram lebih berat dari otak wanita. Meskipun hal ini mungkin, jenis kelamin masing-masing memiliki berat otak yang sesuai dengan rasio berat badannya.
Otak perempuan juga lebih compact dan lebih padat dengan neuron. Pada wanita, wilayah yang terkait dengan bahasa dan interaksi sosial secara signifikan lebih besar dari laki-laki, dan terletak di kedua belahan otak, bukan hanya pada otak kiri (seperti pada laki-laki). Sementara pria melebihi wanita pada navigasi spasial dan geometri, perempuan melebihi pria pada bahasa bahkan lebih.

Karena pusat bahasa yang lebih kecil, dan hanya terletak di satu belahan otak, ini menempatkan laki-laki lebih berisiko untuk terkena gangguan bahasa seperti disleksia. Gagap dan cacat pidato yang mana muncul hampir secara eksklusif pada laki-laki. Tapi, meskipun mereka lebih berisiko, IQ rata-rata mereka 3-4 poin lebih tinggi dari perempuan.

Yang cukup menarik, Dr Louann Brizendine mengklaim bahwa setiap otak dimulai sebagai otak perempuan (perkembangan otak awal laki-laki dan perempuan), Otak pada laki-laki hanya berubah (berevolusi) menjadi otak laki-laki 8 minggu setelah pembuahan, ketika ada lonjakan testosteron yang mengurangi kemampuan pusat bahasa dan tumbuh lebih banyak sel di pusat-pusat agresi yg membuat laki-laki menpunyai sifat aggressor secara alami.
v MASALAH KESEHATAN
Perempuan hidup lebih lama daripada pria di kebanyakan negara. Hal ini bisa disebabkan oleh praktek kehidupan yang lebih aman, atau kenyataan bahwa pekerjaan dengan resiko tertinggi dan resiko kematian semuanya dilakukan, terutama oleh laki-laki.
Sementara pria dan wanita rentan terhadap penyakit mental, perempuan tidak terlalu rentan terhadap kesulitan dalam perkembangan tubuhnya dan penyakit kronis.
ini mungkin karena perempuan memiliki 2 kromosom X, yang menjadi pembawa penyakit sebelum menunjukkan gejala, dan bisa juga karena penurunan eksposur terhadap testosteron.
Ingat, pria akan menunjukkan gejala penyakit jika kromosom X mereka rusak (Tuhan baik ya gan, perempuan dibuat lebih kuat dari penyakit spy dia bisa merawat kita).

Untuk alasan ini, beberapa kondisi terjadi jauh lebih banyak pada laki-laki daripada perempuan. Contoh penyakit yg yg berhubunganan dengan kromosom x seperti hemofilia dan buta warna. Ada kemungkinan bahwa Sindrom Asperger adalah penyakit genetik juga, seperti terdapat 4 kali lebih banyak pada laki-laki dibanding perempuan.
*Asperger Sindrom atau sindrom Asperger : Sebuah gangguan spektrum autisme yang ditandai oleh kesulitan yang signifikan dalam interaksi sosial, bersama dengan pola terbatas dan berulang-ulang dari perilaku dan apa yg menjadi kesukaannya
v PENUAAN
Perempuan, sayangnya, tidak mengalami penuaan yg sama dengan laki-laki. Perempuan secara khusus memiliki sel neuron yg lebih padat yang mana selnya menua secara terpisah, hal ini menyebabkan otaknya mengalami DEMENSIA lebih cepat daripada otak laki-laki, yang secara sederhana dikarenakan oleh ukuran otak laki-laki yg lebih besar.

*DEMENTIA : Kehilangan kemampuan kognitif secara serius
*KOGNITIF : Istilah ilmiah untuk proses mental. Proses ini meliputi kemampuan memberikan perhatian ke suatu hal, kemampuan mengingat, memproduksi dan pemahaman bahasa, kemampuan memecahkan masalah, dan juga kemampuan membuat keputusan

Tapi, perempuan umumnya memiliki aliran darah lebih cepat ke otak mereka, menyebabkan mereka lambat mengalami penuaan jaringan otak seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Kulit laki-laki juga mengalami penuaan yang lebih lambat, mengalami keriput lebih lambat daripada perempuan karena kadar kolagennya tidak memburuk secepat pada wanita. Namun, kebotakan merupakan sifat resesif terkait-kromosom X, yang diwarisi dari pihak ibu. Ini karena penerimaan androgen, hormon kunci dalam proses kebotakan, berada di kromosom X.
Ini juga berarti ada beberapa cara yg terbukti benar untuk melihat bagaimana rambut Anda akan menipis di masa dating, yaitu dengan melihat ke ayah dari ibumu, orang yang memberinya salah satu kromosom X. Kondisi kronis juga terbukti lebih umum terjadi pada pada wanita yang lebih tua daripada terjadi pada laki-laki (kondisi seperti hipertensi dan arthritis).
*Hipertensi : Tekanan darah tinggi ygberlebihan.
*Arthritis : peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak
v PENCIUMAN
Perempuan memiliki kemampuan lebih besar untuk mendeteksi bau dibanding laki-laki, dan ini mungkin terkait dengan hormon estrogen. Struktur hidung terdapat sama pada perempuan dan laki-laki, dan mereka tidak memiliki reseptor di hidung lebih banyak satu dari yang lainnya.

Namun penelitian telah menunjukkan bau mengaktifkan wilayah yang lebih luas pada otak perempuan dibanding laki-laki. Dalam satu penelitian, mereka (perempuan) dengan lebih baik mampu membedakan antara bau dan juga bau yg samar-samar tercium atau bau yg hanya sedikit daripada pria. Studi ini diulangi dengan peserta yang lebih muda dengan hasil yang tidak jauh berbeda.

Dalam studi lain yang tidak terkait, Para laki-laki diberi t-shirt berbahan katun untuk dipakai tidur selama dua malam. T-shirt itu kemudian disegel dalam kantong plastik dan kemudian dikirim kepada perempuan untuk diciumi baunya dan dinilai semenarik apakah pemakai t-shirt itu dalam pikiran mereka. Yang paling mencolok ditemukan di studi ini bahwa perempuan sering memilih pria yang memiliki sistem kekebalan tubuh yg terkuat.



0 comments:

star

Search This Blog