Pages

Wednesday, February 5, 2014

Objek wisata kuningan jawa barat

Tempat Wisata di Daerah Kuningan Jawa Barat

Tempat Wisata di Daerah Kuningan Jawa Barat
Tempat wisata di daerah Kuningan Provinsi Jawa Barat bisa dijumpai di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten tersebut. Kuningan sendiri memiliki hingga 32 kecamatan yang mana di setiap kecamatan tersebut pastinya juga memiliki ciri khas tempat-tempat wisata yang beragam. Selain memiliki makanan khas yang sudah dikenal di Indonesia, kuningan juga terdapat objek wisata yang juga dijadikan tempat favorit oleh kalangan wisatawan.

Kuningan merupakan sebuah kabupaten yang berada di wilayah Jawa Baratyang mana berbatasan dengan; sebelah utara yaitu Kabupaten Cirebon, sebelah timur Kabupaten Brebes, sebelah selatan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah), sebelah barat Kabupaten Majalengka. Dengan perbatasan tersebut maka banyak tempat-tempat wisata yang ada di Kuningan sudah sangat di kenal diantara masyarakat yang berada di kabupaten-kabupaten tersebut. Banyak objek wisata yang bisa dijumpai di Kuningan berupa wisata alam, wisata ziarah, wisata budaya, dan lainnya. Berikut daftar tempat wisata di daerah Kuningan Jawa Barat:

1. Wisata Alam
  • Taman Wisata Alam Linggarjati
    Taman Wisata Alam Linggarjati terletak di Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Objek wisata ini selain memiliki panorama yang indah juga hawanya yang sangat sejuk dan segar, para wisatawan bisa melakukan kegiatan wisata berenang, memancing, dan menikmati kesejukan alam. Selain itu tidak jauh dari objek wisata tersebut juga terdapat bangunan bersejarah yaitu gedung yang dulunya pernah digunakan tempat berlangsungnya perjanjian Linggarjati antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda.
  • Waduk Darma
    Waduk yang terletak di Desa Jagara Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan ini selain memang sebagai waduk tempat penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga merupakan salah satu objek wisata yang ada di daerah Kuningan. Area waduk tersebut bisa untuk sarana olahraga dan rekreasi dan juga tersedia fasilitas kolam renang anak, perahu motor, areal camping, dan lainnya.
  • Talaga Remis
    Talaga Remis adalah sebuah danau tempat wisata yang berada di Desa Kaduela Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan tepat berada di kaki gunung Ciremai. Talaga Remis merupakan perpaduan antara pesona alam pegunungan dengan danau yang memiliki air yang sejuk dan jernih, di objek wisata tersebut para wisatawan bisa bersantai menikmati keindahan alam yang sejuk sambil menikmati jajanan yang ada di kompleks wisata tersebut.
  • Air Terjun Sidomba
    Objek Wisata Air Terjun Sidomba terletak di Desa Peusing Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Diantara objek wisata tersebut terdapat juga beberapa fasilitas yaitu saung, restaurant, arena bermain anak, dan tempat untuk berkemah. Untuk menuju di objek wisata tersebut bisa ditempuh kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit dari kota Kuningan.
  • Pemandian Air Panas Sangkanhurip
    Objek wisata Sangkanhurip terletak di Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan yang mana memiliki air panas yang kaya akan sulfur yang berasal dari gunung Ciremai.

2. Wisata Ziarah
  • Balong Keramat Darmaloka
    Balong Keramat Darmaloka merupakan danau bekas peninggalan pada jaman dahulu dimana para Walisanga berada di tempat tersebut dalam rangka penyebaran agama Islam yang mana terdiri dari beberapa bagian diantaranya Bale Kambang, Sumber Air Cibinuang, Balong Bangsal, Balong Ageung, dan Balong Beunteur.
  • Gua Maria
    Gua Maria merupakan tempat ziarah para umat Katolik yang memiliki sejarah panjang di antara gua Maria yang juga berada di negara lain. Gua Maria terletak di Desa Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.
  • Cibulan
    Objek wisata ini adalah pemandian air dingin dan merupakan objek wisata tertua di Kuningan. Di objek wisata tersebut selain kolam pemandian juga terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang dinamakan Tujuh Sumur. Tujuh sumur tersebut memiliki nama yang berbeda-beda yaitu Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Kemudahan, Sumur Cirancana, Sumur Keselamatan, Sumur Kejayaan, dan Sumur Cisadane.

3. Wisata Budaya
  • Museum Linggarjati
    Museum ini bisa dijadikan salah satu objek wisata budaya di Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan, gedung ini merupakan gedung bersejarah yang mana dulunya pernah digunakan untuk tempat dilaksanakannya Perjanjian Linggarjati pada tahun 1946 silam antara Indonesia dan Belanda. Menurut sejarah, perjanjian tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan di Jakarta maupun diYogyakarta maka diambil jalan tengah dan dilaksanakan di Kuningan Jawa Barat.
  • Taman Purbakala Cipari
    Taman Purbakala Cipari merupakan tempat wisata pendidikan yang juga terdapat museum di lokasinya. Menurut sejarah, situs Cipari ditemukan pada tahun 1972 yang memiliki ciri dari kebudayaan masa prasejarah.

Daftar di atas adalah informasi tempat wisata yang ada di Kuningan, jika sedang berada di daerah Kuningan atau sedang berwisata di kabupaten tersebut, ketika hendak pulang bisa membawa oleh-oleh makanan maupun cinderamata khas daerah kuningan yang juga sudah dikenal oleh masyarakat luas seperti;

Makanan Khas Daerah Kuningan
  • Keripik Becak
  • Gaplek Luragung
  • Nasi Kasreng
  • Golono
  • Angling
  • Ketempling Rengginang
  • Peuyeum
  • Raragudig
Untuk mendapatkan oleh-oleh yang ada di daftar tersebut bisa di dapatkan di daerah Kuningan Jawa Barat.
Sekian informasi tempat wisata di daerah Kuningan Jawa Barat yang bisa kami sampaikan disini, semoga bermanfaat bagi pengunjung.

0 comments:

star

Search This Blog